Langsung ke konten utama

Puasa Ala Anak Generasi Maju di Musim Pandemi Covid19

Marhaban Yaa Ramadhan...

Alhamdulillah ya kita semua masih dipertemukan dengan bulan suci Ramadhan tahun ini. Ya...walaupun Ramadhan tahun ini sangatlah berbeda dengan Ramadhan tahun-tahun sebelumnya. Di bulan Ramadhan tahun ini kita melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan beribadah #DiRumajAja karena adanya pandemi Covid19. Hhfftt...sedih ya...😢. Yang biasanya bisa ngabuburit nyari takjilan tiap sore menjelang bedug maghrib, sekarang ngabuburitnya #DiRumahAja sambil nonoton Tav dan sosmed. Yang biasanya bisa bukber sama keluarga besar, teman & kerabat, sekarang harus berbuka sendiri serta keluarga kecil. Yang biasanya sholat tarawih berjamaah, sekarang harus sholat tarawih sendiri di rumah. Yang biasanya taddarus Quran bersama-sama di masjid, sekaranga harus taddarusan sendiri di rumah. Yang biasanya terdengar suara kentongan dengan irama musiknya yang khas dimainkan oleh anak-anak juga pemuda pemudi beramai-ramau untuk membangunkan saat waktu sahur, sekarang hanya tedengar bunyi weker dari smart phone.  Dan....masih banyak lagi suasana-suasana yang hanya dilakukan saat bulan Ramadhan tapi untuk saat ini tidak bisa dilakukan. Aaahhh...aku rindu hiks 😢. Ok, kita abaikan rasa sedih kita berpikir positif dan beribadah dengan khusyuk di bulan suci ini.

Nah, kita kan lagi menjalankan ibadah puasa di saat pandemi Covid19 nih. Sebagai bunda generasi maju dan Mombassador SGM Eksplor, hal terpenting yang harus aku lakukan adalah menjaga asupan nutrisi keluarga agar tetap seimbang. Karena ini penting banget untuk menjaga daya tahan tubuh. Terutama daya tahan tubuh si kecil, yang sedang belajar atau sedang menjalankan puasa.


Nah, di bulan Ramadhan kali ini, aku dan keluargaku mempunyai kebiasaan baru untuk menjaga agar tubuh tetap fit. Diantaranya adalah aku mulai konsumsi vit C utk menjaga imunitas. Mulai lari pagi keliling komplek agar jantung sehat serta yoga. Menyediakan makanan bergizi dan bernutrisi untuk keluarga terutama si kecil, yang ini wajib dilakukan ya. Mengatur porsi makan secukupnya, hanya saja sekarang konsumsi buah dan sayurnya lebih banyak. Daaann...sekarang aku jadi bisa mengkreasikan buah dan sayur menjadi menu desert buat si kecil. Misalnya ada buaj pisanh di rumah, nah hari ini aku jadikan pisang goreng, besok bisa aku jadikan es krim pisang. Untuk sayuran pun juga begitu, hari ini daun kelor dibuat sayur bening, besok daun kelor bisa dibuat puding daun kelor.


Karena salah satu anak generasi majuku Si Aclet sudah mulai belajar berpuasa. Maka, aku sebagai bunda generasi maju wajib memberikan asupan nutrisi yang baik dan gizi seimbang terhadap si kecil terutama Si Aclet yang sedang belajar menjalankan ibadah puasa disaat musim pandemi Covid19 ini.

Apa saja sih manfaat nutrisi bagi si kecil, terutama juga bagi si kecil yang sedang belajar berpuasa saat pendemi Covid19 ini?
Menurut artikel serta sumber-sumber yang telah aku ikuti baik dari sosmed dan kulwap bersama SGM Eksplor. Beberapa manfaat nutrisi bagi si kecil diantaranya :

1. Agar kebutuhan sistem tubuh bisa terus berjalan dengan maksimal. Karena jika salah satu sistem tubuh tidak berjalan maksimal maka akan timbul masalah dalam tubuh.
2. Menjaga tubuh tetap sehat.
3. Menjaga & meningkatkan imunitas tubuh.
4. Meningkatkan konsentrasi.
5. Menunjang pertumbuhan tulang dan otot.

Itu semua bisa didapatkan dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Nah, untuk melengkapi nutrisi si kecil, terutama Si Aclet yang sedang menjalankan puasa. Aku berikan Aclet susu SGM Eksplor 2x sehari, saat sahur dan saat berbuka puasa.


Selain mengkonsumsi makanan bergizi. Saat musim pandemi gini penting untuk menjaga kebersihan diri di rumah. Salah satunya yaitu dengan rajin cuci tangan terutama setelah keluar rumah dan memegang hewan peliharaan.

Cuci tangan pun ada tata caranya lhoo bun.
Bagaimana sih tata cara cuci tangan yang benar?
Lihat poster di bawah ini ya...👇


Gimana bunda? Gampang banget kan cara mencuci tangan hanya butuh waktu lebih kurang 20-30 detik saja. Aku sudah ajarkan dan terapkan ini kepada Aclet dan Cakra, dan sekarang sudah jadi kebiasaan mereka untuk selalu cuci tangan selepas memegang hewan peliharaan atau sehabis bermain.
Bunda juga bisa terapkan hal posituf yang sederhana tersebut kepada si kecil.

Jadi...tak perlu risau dan khawatir ya bun akan kesehatan si kecil Anak Generasi Maju dengan aktivitas puasanya di bulan Ramadhan saat musim pandemi Covid19 ini. Tak perlu risau juga akan berita simpang siur di sosmed yang belum jelas kebenarannya.
Lebih baik bunda follow FB Aku Anak SGM dan kunjungi website www.generasimaju.co.id untuk mendapatkan informasi yang jelas dan benar tentang nutrisi, tips dan tumbuh kembang si kecil di saat pandemi Covid19.
Atau bunda bisa hubungi Careline SGM di nomor bebas pulsa 0 800 1 360 360.

Sebagai Bunda Mombassador SGM Eksplor , bundanya Anak Generasi Maju kita tak boleh menyerah, harus tetap #BersatudanKuat serta berpikir positif. Dan yakin pandemi ini akan segera berlalu.


#BersatudanKuat
#SGMEksplor
#GenerasiMaju
#MombassadorSGMEksplor
#PoinPrestasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

This is My Mini Zoo

Assalumualaikum wr.wb Hallo...hallo...sobat emak, jumpa lagi yach kita. Emak mau tanya nih, siapa sobat emak yang suka & sudah pernah pergi ke kebun binatang? Emak yakin hampir semua sobat emak pasti sudah pernah berkunjung ke kebun binatang bersama keluarga. Ya...anak-anak suka sekali yang namanya binatang, tapi tidak jarang juga banyak yang takut pada binatang. Padahal kalo kita kenalkan sedari kecil kepada anak-anak bisa memupuk rasa kasih sayang terhadap sesama makhluk ciptaan Allah. Seperti halnya Aclet putri kecilku yang masih berumur 4 tahun. Awalnya dia takut terhadap semua binatang dikarena dia pernah ditotol sama ayam jago yang kami punya di rumah. Butuh perjuangan dan kesabaran untuk mengembalikan keberanian Aclet terhadap binatang. Pelan-pelan emak kenalkan dia pada burung perkutut yang kami punya, emak suruh Aclet memegangnya & mengusapnya dengan halus, sembari emak jelaskan kalau hewan diperlakukan dengan baik dia juga akan berbuat baik kepada kita. Alhamdulil

Serunya Dunia Kuter

Assalumualaikum wr.wb Hello...sobat emak. Pernah dengar istilah "kuter" gak?? Mungkin sebagian orang atau bahkan kebanyakan orang kurang faham apa itu "kuter". Sama halnya dengan emak yang baru mengenal istilah kuter setelah iseng-iseng ikut lomba foto balita pada Oktober 2016 di salah satu produk susu lewat FB dan ternyata menang. Emak mendapatkan hadiah pulsa serta smartphone, alhamdulillah lumayan kaaannn hadiahnya dan smartphonenya sampai sekarang masih dipake sama uti buat vi-call sama cucu2nya, sangat bermanfaat kaan hadiahnya, sombong dikit boleh dooong...hehehehe.... :p The first congrats :) Berawal dari situlah emak jadi sering nge add sobat-sobat dumay yang sering menang, kepooo pengen tahu gimana caranya mereka bisa menang dan lomba apa saja yang sudah mereka ikuti hahaha...bener-bener kemal ya emak " kepo maksimal" hahaha :D. Dari status-status mereka di FB serta komentar-komentar mereka sering menyebut kata "Kuter", apa sih

Padang Savananya Indonesia

Assalumualaikum wr.wb Hello...sobat emak Sudaah weekend lagi nih...waktunya berkumpul & menghabiskan waktu bersama keluarga tercintah ya. Tapi sekarang emak lagi OTW ke Kabupaten Jember mau takziah, karena ada salah satu keluarga dari ibu mertua  telah dipanggil Allah SWT(hiks..hiks..jadi sedih). Semoga amal ibadah beliau diterima disisi Allah SWT, diampuni segala dosa serta dilapangkan kuburnya. Aamiin... Oke...emak gak mau berlama-lama larut dalam kesedihan. Berhubung ini lagi OTW ke Jember again, emak jadi teringat kebersamaan bersama keluarga besar ayang beib alias misua alias ayahe nak kanak alias suami (nah lhoo kebanyakan alias, alay hahaha) di Jember waktu hari raya Idul Fitri tahun 2017 kemarin. Oh iya emak kasih inpoh dikit yak, kalau ayang beib itu asli orang Jember & beliau 5 bersaudara cowok semua kalau kata orang sih Pandawa 5 dan ayang beib itulah Arjunanya (cieee...paling kece & jadi idola doonk....). Bukan karena kece dia jadi Arjuna tapi karena anak