Langsung ke konten utama

Roti Sobek Karakter

Assalamualaikum wr.wb sobat emak.

Ceritanya hari ini tadi hujan turun deras di area Kota Batu dan sekitarnya dari pagi sampai sore. Naahhh sobat emak tahu sendiri kan ya...kalau cuaca lagi dingin-dingin gini perut bawaannya pingin diisi melulu. Ini mulut rasanya pengen memamahbiak terus (sapi kali memamahbiak hehehe).

Apalagi yang namanya nak kanak children yang masih dalam masa pertumbuhan pinginnya makan dan jajan melulu. Mau beli di luar rumah males sama basah-basahan & cuaca dinginya, apalagi Kota Batu dasarnya memang sudah dingin karena memang terletak di dataran tinggi. Berhubung hari ini tadi seharian hujan turun gak berhenti-berhenti, sedangkan nak kanak children ngerengek minta nyemil. Ya sudah akhirnya emak puter otak & nguprek-nguprek di dapur nyari sesuatu yang tersisa dan bisa disulap jadi sesuatu.

Akhirnya setelah nguprek-nguprek cukup lama (nguprek2nya saja lama kapan bikinnya neh, keburu bobok hehehe...). Maka ketemulah bahan sisa dari membuat pesanan kue donat seminggu yang lalu. Iya untuk menambah pundi-pundi ekonomi emak iseng-iseng menerima pesanana kue juga lhooo. Sobat emak kalau mau snack box buat hajatan ato sekedar nyemil buat nemenin arisan, boleh banget lhooo pesen di emak contact person bisa inbox yach...(nah lho kok malah promosi hehehe). Gak pa pa kali ya...sambil nyelem minum air (awas kembung hahaha).

Ketemulah terigu, fermipan, coklat, keju beserta kawan-kawanya. Tapi kali ini bukan bikin donat, bosan donat melulu secara minggu kemarin baru buat donat. Kali ini emak mau bikin sesuatu yang simpel saja dan gak banyak bahan, praktis & murah, yaitu roti sobek isi. Supaya anak-anak jadi tambah semangat buat menyantapnya. Roti sobek isi kali ini emak buat bentuk karakter dan kali ini emak membuat "Roti Sobek Karakter Kero Keropi". Kalau sobat emak ingin mencoba membuat karakter yang lain di rumah monggo, suka-suka sobat emak dech.

Wokeehh...yuk ah kita langsung cap cuz...garap si roti sobek karakter ini. Persiapkan bahan-bahannya dulu ya...

Bahan-bahan :
- 500 gr tepung terigu protein tinggi (cakra kembar)
- 2 butir telur
- 100 gr gula pasir
- 50 gr mentega
- 1 sdm ragi instan (fermipan)
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 1 sdm baker/pelembut roti (optional, gak pakai jg gak apa-apa, emak gak pakai karena memang lagi habis)
- 250 cc air
- pewarna makanan hijau ( karena emak mau buat karakter keropi, sobat emak bisa menyesuaikan warna sesuai karakter yang diinginkan ya...)
- untuk isian sesuai selera masing-masing ya...( kalau emak pakai isian keju & coklat)

Cara membuat :
1. Buatlah biang terlebih dahulu, yaitu dengan cara menambahkan fermipan dengan sedikit air hangat, tunggu kurleb 15 menit hingga berbuih, sisihkan
2. Kocok gula dan telur hingga gula larut
3. Masukkan terigu, biang, vanili, mentega & baker aduk rata jadi satu, masukkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis.
4. Setelah kalis ambil sedikit adonan sisihkan(karena ini nanti akan dibuat sebagai bola matanya) sisa adonan tadi beri warna hijau uleni agar warna tercampur rata.
5. Timbang adonan hijau masing-masing dengan berat kurleb 40 gr, bulatkan dan beri isian
6. Tata kedalam loyang beri hiasan mata warna putih dari adonan yang sudah disisihkan sedikit tadi. Lalu diamkan selama kurleb 20 menit hingga mengembang.
7. Setelah mengembang panggang dalam oven dengan suhu 160 dc selama kurleb 20 menit.
8. Setelah matang angkat olesi permukaann roti dengan mentega diamkan sebentar lalu beri hiasan pupil mata dan mulut dengan coklat cair/selai coklat.

Daann...akhirnya bahan yang tersisa disulap emak jadi apa?? Prok..prok..prok.. Jadi apa?? Prok...prok..prok... Hap..!! (Kayak Pak Tarno yeee..)


Naahh...si hijau mata belok Kero Keropi siap disantap seluruh keluarga tercintah.

Widiiww...dalan sekejab langsung ludes itu roti sobek di serbu sama ayah, mbak Aclet, dek Cakra dan uti. Emaknya cuma kebagian loyangnya doang huaaaa....nangis sambil gigit sendal (tuh....kan mulai alay n lebay).

Tips :
1. Kalau gak mau lengan jadi gempal & tangan jadi pegel-pegel sobat emak bisa pakai mixer dengan gigi spiral supaya benar-benar kalis, karena semakin kalis roti akan semakin empuk. Tapi kalau mau sambil olah raga dan menghemat listrik gak apa-apa pakai tangan. Sesukanya & senampunya saja dech :)
2. Jangan pernah menggunakan telur yang baru keluar dari lenari es langsung, karena bisa menyebakan roti gagal berkembang. Diamkan terlebih dahulu hingga suhu telur sesuai suhu ruang.
3. Baca doa sebelum makan sediakan teh/kopi biar mantaafff dan gak bikin seret tenggorokan :)

Oke, selamat mencoba sobat emak.
Have a nice day ;)


Email : ikasukmaabriyanti@gmail.com
Twiter : @isaykhavulta
IG : @ieka_tox
FB : ieka sukma ayellow


Komentar

  1. Kreatif banget emak yang satu ini, aku belum pernah bikin roti, kengkapan ajarin ya makkk.

    BalasHapus
  2. Hayuukk lah teh kita belajar baking bareng :)

    BalasHapus
  3. Hayuukk lah teh kita belajar baking bareng :)

    BalasHapus
  4. hayu atuh ajarin..hehhehe.. aq mah jarang berhasilnya kalau bikan cake gtu..huhuhu

    BalasHapus
  5. Lucu rotinya, sayang dimakan ini

    BalasHapus
  6. Wiihh...kereen....anak-anak pssti suka...tampilannya menarikk...

    BalasHapus
  7. Kapa kapan qt me mamahbiak bareng yuk geheheheh

    BalasHapus
  8. Aku jg bun ga pernah baking. Bolehlah sekali2 dicoba resepnya. Mdh2an percobaan pertama ga gagal. Hehehee...

    BalasHapus
  9. Aku pernah bikin. Tapi udah dingin jadi keras.

    BalasHapus
  10. lucu banget ih rotinya...seru nih bikin sama anak2..atau sodara

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Serunya Dunia Kuter

Assalumualaikum wr.wb Hello...sobat emak. Pernah dengar istilah "kuter" gak?? Mungkin sebagian orang atau bahkan kebanyakan orang kurang faham apa itu "kuter". Sama halnya dengan emak yang baru mengenal istilah kuter setelah iseng-iseng ikut lomba foto balita pada Oktober 2016 di salah satu produk susu lewat FB dan ternyata menang. Emak mendapatkan hadiah pulsa serta smartphone, alhamdulillah lumayan kaaannn hadiahnya dan smartphonenya sampai sekarang masih dipake sama uti buat vi-call sama cucu2nya, sangat bermanfaat kaan hadiahnya, sombong dikit boleh dooong...hehehehe.... :p The first congrats :) Berawal dari situlah emak jadi sering nge add sobat-sobat dumay yang sering menang, kepooo pengen tahu gimana caranya mereka bisa menang dan lomba apa saja yang sudah mereka ikuti hahaha...bener-bener kemal ya emak " kepo maksimal" hahaha :D. Dari status-status mereka di FB serta komentar-komentar mereka sering menyebut kata "Kuter", apa sih

This is My Mini Zoo

Assalumualaikum wr.wb Hallo...hallo...sobat emak, jumpa lagi yach kita. Emak mau tanya nih, siapa sobat emak yang suka & sudah pernah pergi ke kebun binatang? Emak yakin hampir semua sobat emak pasti sudah pernah berkunjung ke kebun binatang bersama keluarga. Ya...anak-anak suka sekali yang namanya binatang, tapi tidak jarang juga banyak yang takut pada binatang. Padahal kalo kita kenalkan sedari kecil kepada anak-anak bisa memupuk rasa kasih sayang terhadap sesama makhluk ciptaan Allah. Seperti halnya Aclet putri kecilku yang masih berumur 4 tahun. Awalnya dia takut terhadap semua binatang dikarena dia pernah ditotol sama ayam jago yang kami punya di rumah. Butuh perjuangan dan kesabaran untuk mengembalikan keberanian Aclet terhadap binatang. Pelan-pelan emak kenalkan dia pada burung perkutut yang kami punya, emak suruh Aclet memegangnya & mengusapnya dengan halus, sembari emak jelaskan kalau hewan diperlakukan dengan baik dia juga akan berbuat baik kepada kita. Alhamdulil

Mini Jepangnya The Onsen Hot Spring Resort Kota Batu

Apa yang terbayang ketika kita mendengar kata Jepang? Pasti kita akan terbayang dengan keindahan alamnya, keunikan budaya & kulinernya, kedisiplinan penduduknya, kecanggihan teknologinya, animenya, shinkansennya dan masih banyak lagi. Tapi ada yang menarik bagi saya ketika ada seorang teman yang berkunjung ke negara Jepang dan dia menceritakan tentang pengalamannya berendam air panas ala Jepang Onsen . Dimana saat berendam itu dikelilingi dengan background alam yang indah & diselingi dengan backsound alam yang khas dengan suara burung serta gemericik air. Menjadikan tubuh serta pikiran yang penat semakin rilex. Onsen adalah istilah bahasa Jepang yang artinya sumber air panas yang keluar dari perut bumi. Bagi orang Jepang mandi onsen sudah menjadi budaya sejak abad ke 7, karena kandungan mineral dari sumber airnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan diantaranya menurunkan tekanan darah, diabetes, merawat kulit, menghilangkan pegal, menyembuhkan luka dan lain sebagainya.