Langsung ke konten utama

This is My Mini Zoo

Assalumualaikum wr.wb

Hallo...hallo...sobat emak, jumpa lagi yach kita. Emak mau tanya nih, siapa sobat emak yang suka & sudah pernah pergi ke kebun binatang? Emak yakin hampir semua sobat emak pasti sudah pernah berkunjung ke kebun binatang bersama keluarga. Ya...anak-anak suka sekali yang namanya binatang, tapi tidak jarang juga banyak yang takut pada binatang. Padahal kalo kita kenalkan sedari kecil kepada anak-anak bisa memupuk rasa kasih sayang terhadap sesama makhluk ciptaan Allah.

Seperti halnya Aclet putri kecilku yang masih berumur 4 tahun. Awalnya dia takut terhadap semua binatang dikarena dia pernah ditotol sama ayam jago yang kami punya di rumah. Butuh perjuangan dan kesabaran untuk mengembalikan keberanian Aclet terhadap binatang. Pelan-pelan emak kenalkan dia pada burung perkutut yang kami punya, emak suruh Aclet memegangnya & mengusapnya dengan halus, sembari emak jelaskan kalau hewan diperlakukan dengan baik dia juga akan berbuat baik kepada kita. Alhamdulillah akhirnya kepercayaan diri & keberanian Aclet terhadap binatang mulai tumbuh. Bukankah salah satu ciri Anak Generasi Maju adalah percaya diri.

Pernah suatu hari Aclet menerima kucing pemberian dari teman ayah. Aclet sangat girang sekali ketika menerimanya, tapi...sayang ternyata si mpus mungkin masih stress butuh adaptasi di tempat baru jadinya waktu dipegang sama Aclet dicakarlah tangan Si Aclet. Wadaauu....bakal hilang lagi nih keberanian Si Aclet. Eehh...tapi ternyata dugaan emak salah. Aclet cuma sedikit menjaga jarak sama si B-Jo kucing pemberian teman ayah. Tapi tidak menjaga jarak buat kucing atau hewan-hewan lainnya. Ternyata kepercayaan dirinya & keberaniannya tidak hilang. Good job kakak Aclet :). Bahkan sekarang di rumah juga ada si B-Ty, seekor mpus cewek buat nemenin si B-Jo main.


Ternyata si ayah juga gak mau ketinggalan niihh... Setelah ayam & burung perkutut, ayah sekarang juga pelihara kambing. O..em..ji...kalo kayak gini yang bakal rempong emaknya lagi, jadi farmer dadakan. Janji-janji bakal merawat sendiri binatang-binatang kesayangan mereka tapi kenyataannya ya emak juga yang ngerjain. Yaa..nasib...nasib... (Eh kok jadi curcol yak hahaha.... :D). Tapi ternyata si kambingnya ayah bukan emak yang merawatnya tapi di rawatkan/diangonkan sama orang lain yaitu tetangga rumah. Ini kambing buat investasi kata ayah dengan cara bagi hasil anak kambing, kalo istilah jawanya sih "paron". Yaaa...syukurlah...akhirnya tugas emak gak jadi nambah. Gimana jadinya kalau emak nggembala kambing, bisa sia-sia acara dempul sana dempul sini ini kulit hehehe... :p


Oh iya sempat juga ayah pernah bilang mau pelihara burung elang. Ooohh...Nooo....emak bilang "Kalo pas ngasih makan ditotol ini mata emak gimana, terus anak-anak juga pas deket-deket kalo ditotol juga gimana??"
Akhirnya ayah harus rela mengubur keinginannya dalam-dalam, karena omelan emak. Ha..ha..ha... "The power of omelan emak-emak" :p

Dengan adanya binatang peliharaan di rumah bisa mengajarkan anak-anak tentang kasih sayang & rasa tanggung jawab terhadap hewan peliharaan yang mereka rawat, yaaa...walopun pada akhirnya emaknya juga yang ngerawat (tuuuhhh kan curcol lagi hehehe). Tapi itu tidak jadi masalah namanya juga masih dalam tahap pembelajaran, belajar  apa itu kewajiban & tanggung jawab. Inshaallah jika terus dipupuk maka akan tertanam jiwa tanggung jawab pada diri anak-anak kita :)

   

Karena begitu banyaknya binatang yang kami pelihara di rumah sampai pernah ada salah seorang sahabat bilang "Waooww kebun binatangnya pindah ke rumah ya?"

Yes "This is My Mini Zoo" hehehe...

#MombassadorSGMEksplor
#SGMEksplor
#GenerasiMaju




Email : ikasukmaabriyanti@gmail.com
FB : ieka sukma ayellow
IG : @ieka_tox
Twiter : @isaykhavulta


Komentar

  1. Kereeenn punya mini zoo, aku mah sama kucing juga takut, geli-geli gimana gtu, tapi anak2ku malah pada suka sama kucing.

    BalasHapus
  2. wah senangnya bisa banyak belajar dari peliharaannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... Iya belajar dari alam & makhluk ciptaan Allah SWT

      Hapus
  3. Binatangnya lucu2....pengen gendong juga nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak pengen gendong emaknya juga ta?? Hahaha... :D

      Hapus
  4. aq kepengen juga pelihara hewan - hewan gtu, ribet ga sih?? heheheh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak kok kalau kitanya mmg sdh hobi & enjoy mbk, seruu malah bisa ngilangin stress, bisa jg buat temen curcol klo lg males nulis di diary eeaaa...hehehe ;)

      Hapus
  5. Balasan
    1. Besar mana sm emaknya ?? Hehehe... :p
      Efek kamera itu mah

      Hapus
  6. Wahh..hebat...saya suka gak konsisten merawat binatang bpeliharaan. Suka jadi kasihan,kadang suka lupa ngasih makan...hiksss...

    Jadi kita putuskan tidak memilhara binatang lagi ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiks..hiks...iya daripada gak keurus ya mbk. Pada sibuk semua yaa... :)

      Hapus
  7. Anak aq pecinta kucing ayam sama kadal hahaha soalnya di rumah punya mini zoo ala ala lebih tepat nya kandangbpeliharaan sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naahh....ini sama'an "kandang ala-ala" hahaha... :D

      Hapus
  8. Kalo masih ada lahan kosong yg luas emahg enak ya bikin mini zoo.. aku pengen tp apa daya ga ada tempatnya.. hehehege..

    Tp enak ya bun udh diajarin sayang sm binatang dr kecil. Kalo anak2ku pd ga suka binatang. Even cm liat cicak ajah. Katanya geli dan jijik. Hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sama aku kalau sm cicak cuma dilihatin aza, geli juga apalagi pas waktu autotomi mutusin ekornya oo..em..ji...geli banget lihat ekornya meliuk-liuk hiii.. :)

      Hapus
  9. Kalo punya lahan luas emamg enaknya bikin mini zoo.. aku jg mau tuh sayang aja lahannya ga ada.. heheheeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak harus lahan luas sih asal bersij & pandai2 menyiasatinya sj mbk :)

      Hapus
  10. Lahan dirumahku abis sam bangunan dan pot bunga. Jadi ga bisa bikin rumah hewan ... Hebat mbaaaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini rumah hewannya juga masih "ala-ala" kok mbk hehehe :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Serunya Dunia Kuter

Assalumualaikum wr.wb Hello...sobat emak. Pernah dengar istilah "kuter" gak?? Mungkin sebagian orang atau bahkan kebanyakan orang kurang faham apa itu "kuter". Sama halnya dengan emak yang baru mengenal istilah kuter setelah iseng-iseng ikut lomba foto balita pada Oktober 2016 di salah satu produk susu lewat FB dan ternyata menang. Emak mendapatkan hadiah pulsa serta smartphone, alhamdulillah lumayan kaaannn hadiahnya dan smartphonenya sampai sekarang masih dipake sama uti buat vi-call sama cucu2nya, sangat bermanfaat kaan hadiahnya, sombong dikit boleh dooong...hehehehe.... :p The first congrats :) Berawal dari situlah emak jadi sering nge add sobat-sobat dumay yang sering menang, kepooo pengen tahu gimana caranya mereka bisa menang dan lomba apa saja yang sudah mereka ikuti hahaha...bener-bener kemal ya emak " kepo maksimal" hahaha :D. Dari status-status mereka di FB serta komentar-komentar mereka sering menyebut kata "Kuter", apa sih

Mini Jepangnya The Onsen Hot Spring Resort Kota Batu

Apa yang terbayang ketika kita mendengar kata Jepang? Pasti kita akan terbayang dengan keindahan alamnya, keunikan budaya & kulinernya, kedisiplinan penduduknya, kecanggihan teknologinya, animenya, shinkansennya dan masih banyak lagi. Tapi ada yang menarik bagi saya ketika ada seorang teman yang berkunjung ke negara Jepang dan dia menceritakan tentang pengalamannya berendam air panas ala Jepang Onsen . Dimana saat berendam itu dikelilingi dengan background alam yang indah & diselingi dengan backsound alam yang khas dengan suara burung serta gemericik air. Menjadikan tubuh serta pikiran yang penat semakin rilex. Onsen adalah istilah bahasa Jepang yang artinya sumber air panas yang keluar dari perut bumi. Bagi orang Jepang mandi onsen sudah menjadi budaya sejak abad ke 7, karena kandungan mineral dari sumber airnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan diantaranya menurunkan tekanan darah, diabetes, merawat kulit, menghilangkan pegal, menyembuhkan luka dan lain sebagainya.