Langsung ke konten utama

30 Hari Jago Blogging Bareng teh Tetty Hermawati

Assalammualaikum wr.wb
Senang sekali waktu tahu namaku termasuk dalam salah satu dari 12 peserta program “30 hari jago blogging” batch 2, yang diadakan oleh salah satu blogger wanita teh Tetty Tanoyo. Aku mengenal teteh geulis ini ketika kita sama-sama terpilih menjadi mombassador SGM Eksplor. Kemudian teh Tetty mengadakan sayembara, cieee…sayembara kayak dipilem-pilem kerajaan jaman  old saja ya…hehehe…. Bagi 12 peserta yang beruntung maka akan mendapatkan bimbingan langsung dari teh Tetty bagaimana cara membuat blog, tips & trik  jago blogging selama 30 hari secara gratissss… Dengar kata “gratis” langsung dech hati nurani emak-emak perkuteranku langsung tergerak hehehe… Secara dari dulu aku pengeeen banget punya yang namanya blog. Bukan buat gaya-gayaan atau sekedar ngikutin trend, tapi buat nuangin uneg-uneg, pengalaman & imajinasiku yang mungkin bisa sedikit berguna buat orang lain.

Sebenarnya teh Tetty bukan pertama kali ini ngadain belajar bareng kayak gini. Ini kali kedua dia ngadain, karena melihat antusiasme para wanita terutama emak-emak di batch 1 tinggi sekali tentang blogging,maka teh Tetty mengadakan sayembara program belajar blogging bareng lagi di batch 2. Program ini diadakan selama 30 hari full lewat WA group. Jadi kami 12 peserta terpilih akan dimasukkan ke dalam WA group untuk menerima materi serta tugas menulis dan wajib mengumpulkan tugas sebelum dateline. Bagi peserta yang tidak mematuhi peraturan & tidak mengumpulkan tugas maka akan di keluarkan dari WAgroup serta tidak dapat mengikuti kelas lagi. Waooww…tegas yaaa salut dech. Katanya juga pada batch 1 ada 3 peserta yang belum berhasil lolos sampai hari terakhir karena belum mengumpulkan tugas. Jadi H2C nih kira-kira aku bisa enggak ya lolos sampai akhir kegiatan?

Hari pertama kelas belajar bareng “30 hari jago blogging”pun dimulai, tepatnya tanggal 12 Januari 2018. 3 hari pertama masih tahap perkenalan dari masing-masing peserta. Bahkan ada salah satu peserta yang lagi stay di Korea lhooo...wah keren ya bisa ketemu opa tiap hari hihihi... Selanjutnya setelah pengenalan masing-masing peserta. Pada hari ke 4 pengertian apa itu blog serta jenis-jenis blog, ada lifestyle & niche blog. Kita disuruh milih ingin blog kita isinya bermacam-macam tema&cerita kayak gado-gado yang berarti gaya blog kita adalah lifestyle blog atau ingin blog kita hanya memuat 1 tema khusus saja yang berarti gaya blog kita adalah niche blog. Sebenarnya aku pengennya punya niche blog tentang traveling sih tapi karena aku masih baru banget  mengenal blog serta baru belajar menulis, maka aku pilih lifestyle blog yang bebas mau menceritakan ngalor ngidul tentang banyak hal. Selanjutnya setelah memilih gaya blog kita, tugas membuat maping idea apa saja yang akan kita tulis di blog kita nanti, kata teh Tetty ini memudahkan kita untuk menemukan ide ketika akan menulis serta lebih terarah. Hari ke5 barulah kita membuat blog pribadi, excited sekali ketika kita disuruh memikirkan apa nama blog pribadi kita. Teh Tetty nyaranin sih agar ditulis dengan nama kita saja supaya mudah, kecuali niche blog boleh nama tema yang mau kita usung di dalam blog kita. Akhirnya aku pilih nama blogku www.ikasukma57.blogspot.co.id ojo lali mampir yach...

Setelah mempunyai alamat blog pribadi. Pada hari ke 6 masing-masing peserta diberi tugas menulis cerita apa pun sesuai maping idea yang sudah ditulis waktu tugas hari pertama kemarin. One Day One Post ato ODOP, satu hari harus setor 1 cerita selama 7 hari, dan DL pukul 23.58 WIB tiap harinya. Inilah tantangan yang membuat  kita para emak-emak ngos-ngos’an dalam mengerjakannya. Gimana enggak ngos-ngos’an kita para emak emak dengan segudang kesibukannya apalagi emak-emak kayak aku ini yang masih punya 2 anak balita yang super bikin rieweuh yang harus rela tidur tengah malam demi ngerjain tantangan setelah nunggu nak kanak children bobok syantik, baru dech emaknya bisa mikir dan nulis dengan syantik. Walaupun kadang tugas terlewat DL beberapa menit, maaf ya teh Tetty aku termasuk murid yang ndablek & ngeyel, tetep saja ngumpulin tugas walo sudah DL, berharap masih bisa terus ikut kelas sampai akhir hehehe… Aacch…pokoknya banyak drama dech selama ngerjain ODOP ini. Dan justru itu yang membuat kita semakin tertantang dan terpacu untuk terus menulis. Tapi sayang pada tahap ini ada salah satu peserta tidak bisa lolos buat ngelanjutin karena belum setor tugas sampai kelewat DL :(

Alhamdulillah sudah sampai pertengahan bulan bahkan mendekati akhir, aku masih bisa &diijinkan untuk mengikuti kelas penuh tantangan ini. Tugas pada hari ke 22 adalah gabung group di beberapa komunitas blogger untuk menambah wawasan serta jaringan. Tugas pada hari ke24 adalah menulis artikel minimal 500, kenapa harus minimal 500 kata? Karena artikel yang bagus dan berkesempatan dilirik google adalah artikel dengan minimal 500 kata. Dan untuk tugas kali ini DL sampai 3 hari kedepan.

Rupanya cobaan datang kembali kepadaku,ketika dengan susah payah aku mengerjakan tantangan ini hingga lewat tengah malam dan telah berhasil setor tugas, pagi-pagi buta rumah kemasukan maling dan menggondol semua HP yang ada di rumah termasuk HP suami juga. Hiks…hiks…hiks…terpotek-potek rasanya hati ini, galau tidak bisa mengikuti materi dari teh Tetty selanjutnya, galau semua file foto dari anak-anak waktu kecil hingga dokumentasi saat aku & keluarga ngebolang hilang semuanya dan belum sempat aku pindah ke notebook. Alhamdulillah bersyukur si notebook enggak ikut digondol juga sama itu maling dan alhamdulillah juga aku sudah setor tugas artikel ke teh Tetty. Dan teh Tetty sangat mengerti keadaanku yang lagi terkena musibah, aku masih bisa mengikuti kelas serta materi sampai akhir. Komunikasi dilakukan lewat sms & FB,karena memang aku menggunakan HP jadul sementara ini yang hanya bisa buat sms serta telpon saja. Aku masih belum memakai smarthphone setelah kejadian itu. Dan Alhamdulillah akhirnya aku masih bisa mengikuti kelas dari teh Tetty sampai akhir materi.

So, KESIMPULANku selama mengikuti kelas 30 hari mencari cinta ups…itu kan judul pilem yak hehehe…. “30 hari jago blogging” adalah :

1. Lebih sering bobok siang karena malamnya harus ronda nyari ide, ini mah salah sendiri ya kenapa ngerjainnya gak dicicil hehehe..

2. Badan makin montok, biar dapat ide & lancar nulis harus ditemani dengan seabrek cemilan

3. Jadi suka uring-uringan sendiri karena ada saja cobaan datang ketika mau setor tugas, yang notebook hang lah, yang lupa ngasih judul tulisan lah, yang direcoki nak kanak children lah, sampe dengan HP kecurian.

Hahaha…itu semua hanya sebagian kecil cobaan ketika akan mendapatkan sesuatu yang sangat berharga dan bernilai. Kata pepatah “berakit rakit ke hulu, berenang renang ketepian, baersakit sakit dahulu bersenang senang kemudian”. Dibalik sekelumit cobaan ada segudang manfaatnya, cieee ngomong apa sih aku hehehe.

Daaan...ini nih manfaat yang aku dapat dari program “30 hari jago blogging bareng teh Tetty” :

1. Materinya sangat mantap.

2. Penjelasannya jelas dan setiap ada pertanyaan dari peserta dijawab dengan sabar sama teteh, sangat bermanfaat sekali bagi aku sebagai new blogger yang banyak nanya & kadang masih dudul ini :)

3. Mendapatkan pengalaman serta teman baru.

4. Dan ini yang paling aku suka mendapat tips & trik agar blog kita menarik, bermanfaat bagi orang lain serta bisa menghasilkan pundi pundi uang (langsung ijo ya ini mata hihihi).

Related image

Waaooww…gimana?? Oke dan seru banget kan… Mau dong teh Tetty kalau ada kelas lanjutan ngikut lagi :)

Bai..de..wei…
Terima kasih banyak buat teh Tetty yang sudah sudi meluangkan sedikit waktunya untuk  berbagi ilmu kepada kami ini emak emak rempong. Sungguh ilmu & pengalaman yang teh Tetty bagi ini sangat sangaaat…bermanfaat sekali bagi kami. Aku yang masih amatir dalam menulis ini harus banyak berlatih menulis dan terus belajar. Semoga Allah SWT membalas segala kebaikan teteh. Aamiin…

Related image

Komentar

Postingan populer dari blog ini

This is My Mini Zoo

Assalumualaikum wr.wb Hallo...hallo...sobat emak, jumpa lagi yach kita. Emak mau tanya nih, siapa sobat emak yang suka & sudah pernah pergi ke kebun binatang? Emak yakin hampir semua sobat emak pasti sudah pernah berkunjung ke kebun binatang bersama keluarga. Ya...anak-anak suka sekali yang namanya binatang, tapi tidak jarang juga banyak yang takut pada binatang. Padahal kalo kita kenalkan sedari kecil kepada anak-anak bisa memupuk rasa kasih sayang terhadap sesama makhluk ciptaan Allah. Seperti halnya Aclet putri kecilku yang masih berumur 4 tahun. Awalnya dia takut terhadap semua binatang dikarena dia pernah ditotol sama ayam jago yang kami punya di rumah. Butuh perjuangan dan kesabaran untuk mengembalikan keberanian Aclet terhadap binatang. Pelan-pelan emak kenalkan dia pada burung perkutut yang kami punya, emak suruh Aclet memegangnya & mengusapnya dengan halus, sembari emak jelaskan kalau hewan diperlakukan dengan baik dia juga akan berbuat baik kepada kita. Alhamdulil

Serunya Dunia Kuter

Assalumualaikum wr.wb Hello...sobat emak. Pernah dengar istilah "kuter" gak?? Mungkin sebagian orang atau bahkan kebanyakan orang kurang faham apa itu "kuter". Sama halnya dengan emak yang baru mengenal istilah kuter setelah iseng-iseng ikut lomba foto balita pada Oktober 2016 di salah satu produk susu lewat FB dan ternyata menang. Emak mendapatkan hadiah pulsa serta smartphone, alhamdulillah lumayan kaaannn hadiahnya dan smartphonenya sampai sekarang masih dipake sama uti buat vi-call sama cucu2nya, sangat bermanfaat kaan hadiahnya, sombong dikit boleh dooong...hehehehe.... :p The first congrats :) Berawal dari situlah emak jadi sering nge add sobat-sobat dumay yang sering menang, kepooo pengen tahu gimana caranya mereka bisa menang dan lomba apa saja yang sudah mereka ikuti hahaha...bener-bener kemal ya emak " kepo maksimal" hahaha :D. Dari status-status mereka di FB serta komentar-komentar mereka sering menyebut kata "Kuter", apa sih

Padang Savananya Indonesia

Assalumualaikum wr.wb Hello...sobat emak Sudaah weekend lagi nih...waktunya berkumpul & menghabiskan waktu bersama keluarga tercintah ya. Tapi sekarang emak lagi OTW ke Kabupaten Jember mau takziah, karena ada salah satu keluarga dari ibu mertua  telah dipanggil Allah SWT(hiks..hiks..jadi sedih). Semoga amal ibadah beliau diterima disisi Allah SWT, diampuni segala dosa serta dilapangkan kuburnya. Aamiin... Oke...emak gak mau berlama-lama larut dalam kesedihan. Berhubung ini lagi OTW ke Jember again, emak jadi teringat kebersamaan bersama keluarga besar ayang beib alias misua alias ayahe nak kanak alias suami (nah lhoo kebanyakan alias, alay hahaha) di Jember waktu hari raya Idul Fitri tahun 2017 kemarin. Oh iya emak kasih inpoh dikit yak, kalau ayang beib itu asli orang Jember & beliau 5 bersaudara cowok semua kalau kata orang sih Pandawa 5 dan ayang beib itulah Arjunanya (cieee...paling kece & jadi idola doonk....). Bukan karena kece dia jadi Arjuna tapi karena anak