Langsung ke konten utama

Mengenal 8 Jenis Kecerdasan Pada Anak

Pastinya Ayah dan Bunda bangga dong ya jikalau mempunyai anak-anak yang sehat, cerdas, serta berprestasi. Sepertinya juga itu menjadi impian serta keinginan setiap orang tua ya, Bun. Begitupun dengan saya.
Sebagai ibu dengan 2 anak balita terkadang saya dibuat galau dengan gaya belajar masing-masing anak. Si Mbak Aclet mudah sekali menerima apapun yang diajarkan ke dia, sedang si adek sedikit susah dan butuh stimulus lebih untuk merangsang keinginan belajarnya. Sempat ada pemikiran "Wah anakku yang cowok ini tidak begitu pandai", sedih ya pastinya. Tapiiii...semua pemikiran saya itu berubah menjadi optimis ketika saya menemukan artikel yang mengatakan bahwa,
"SEMUA ANAK CERDAS, NAMUN JENIS KECERDASANNYA BERBEDA"

Tahukah Bunda tidak ada anak bodoh di dunia ini. Pada dasarnya semua anak itu cerdas. Hanya saja, kecerdasannya berbeda-beda.


Menurutnya Howard Gardner, ada 8 jenis kecerdasan anak, sebagai berikut :

1. Word smart, kecerdasan linguistik
Kecerdasan linguistik dapat dilihat ketika anak suka membaca, cepat bisa mengeja kata dengan baik, suka menulis, suka berbicara, dan mendengarkan cerita.

2. Number smart, kecerdasan logika atau matematis
Jenis kecerdasan ini bisa dilihat ketika anak tertarik dengan angka-angka, menyukai matematika, sains, dan hal-hal yang berhubungan dengan logika.


3. Self smart, kecerdasan intrapersonal
Jika anak lebih suka bermain sendiri namun bisa mengatur emosi dengan baik, mungkin memiliki self smart. Anak seperti ini biasanya memiliki ambisi dan sudah tahu ingin jadi apa saat besar nanti. Ia juga memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan bisa mengomunikasikan perasaannya dengan baik.

4. People smart, kecerdasan interpersonal
Anak yang memiliki tipe kecerdasan ini lebih suka bermain dengan banyak orang. Ia memiliki empati, mampu memahami perasaan orang lain, dan cenderung menonjol sehingga biasa menjadi pemimpin saat bermain.

5. Music smart, kecerdasan musikal
Anak yang memiliki kecerdasan ini suka bernyanyi, menggoyangkan badan ketika mendengar suara musik, suka mendengarkan lagu, mudah mengingat lagu, suka memukul-mukul seperti bermain drum, dan pintar memainkan alat musik.



6. Pictue smart, kecerdasan spasial
Anak suka menggambar, mencorat-coret kertas, mewarnai, suka berimajinasi, suka bermain membangun menggunakan balok. Ini kecerdasan spasial.

7. Body Smart, kecerdasan kinetik
Anak sangat aktif, suka berolahraga, menari, menyentuh berbagai benda dan mempelajarinya, atau membuat sesuatu dengan tangannya. Ini ciri body smart.

8. Nature smart, kecerdasan naturalis
Anak sangat suka bermain di alam, menyukai binatang, memiliki kepedulian terhadap lingkungan, suka dengan tanaman. Ini ciri nature smart.


Nah dari 8 kecerdasan anak yang telah disebutkan di atas. Ternyata Mbak Aclet yang anaknya enggak bisa diam, suka bercerita, menggambar dan bermain dengan alam termasuk kedalam anak dengan jenis kecerdasan word smart, picture smart, body smart serta nature smart.
Sedang Si Dek Cakra yang suka berbicara tapi asik main sendiri, suka menyanyi, dan bermain di alam termasuk anak dengan kecerdasan word smart, self smart, music smart, serta nature smart.
Jadi ternyata juga si kecil bisa mempunyai lebih dari 1 jenis kecerdasan lho bunda.

Waahhh sekarang saya enggak galau lagi nih, Bun. Setiap anak itu istimewa mempunyai ciri, gaya belajar serta kecerdasannya masing-masing. Serta jangan lupa Bun, dukung juga kecerdasan si kecil dengan memberikan tambahan nutrisi dari susu SGM Eksplor dengan Complinutri agar dapat menjadi #GenerasiMaju yang cerdas.

Gimana, Si Kecilnya Bunda cerdas semuanya bukan? Hanya saja berbeda-beda jenis kecerdasannya. Dan Si Kecil termasuk ke dalam jenis kecerdasan yang mana ini, Bun?

#MombassadorSGMEksplor
#SGMEksplor
#GenerasiMaju

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

This is My Mini Zoo

Assalumualaikum wr.wb Hallo...hallo...sobat emak, jumpa lagi yach kita. Emak mau tanya nih, siapa sobat emak yang suka & sudah pernah pergi ke kebun binatang? Emak yakin hampir semua sobat emak pasti sudah pernah berkunjung ke kebun binatang bersama keluarga. Ya...anak-anak suka sekali yang namanya binatang, tapi tidak jarang juga banyak yang takut pada binatang. Padahal kalo kita kenalkan sedari kecil kepada anak-anak bisa memupuk rasa kasih sayang terhadap sesama makhluk ciptaan Allah. Seperti halnya Aclet putri kecilku yang masih berumur 4 tahun. Awalnya dia takut terhadap semua binatang dikarena dia pernah ditotol sama ayam jago yang kami punya di rumah. Butuh perjuangan dan kesabaran untuk mengembalikan keberanian Aclet terhadap binatang. Pelan-pelan emak kenalkan dia pada burung perkutut yang kami punya, emak suruh Aclet memegangnya & mengusapnya dengan halus, sembari emak jelaskan kalau hewan diperlakukan dengan baik dia juga akan berbuat baik kepada kita. Alhamdulil

Serunya Dunia Kuter

Assalumualaikum wr.wb Hello...sobat emak. Pernah dengar istilah "kuter" gak?? Mungkin sebagian orang atau bahkan kebanyakan orang kurang faham apa itu "kuter". Sama halnya dengan emak yang baru mengenal istilah kuter setelah iseng-iseng ikut lomba foto balita pada Oktober 2016 di salah satu produk susu lewat FB dan ternyata menang. Emak mendapatkan hadiah pulsa serta smartphone, alhamdulillah lumayan kaaannn hadiahnya dan smartphonenya sampai sekarang masih dipake sama uti buat vi-call sama cucu2nya, sangat bermanfaat kaan hadiahnya, sombong dikit boleh dooong...hehehehe.... :p The first congrats :) Berawal dari situlah emak jadi sering nge add sobat-sobat dumay yang sering menang, kepooo pengen tahu gimana caranya mereka bisa menang dan lomba apa saja yang sudah mereka ikuti hahaha...bener-bener kemal ya emak " kepo maksimal" hahaha :D. Dari status-status mereka di FB serta komentar-komentar mereka sering menyebut kata "Kuter", apa sih

Padang Savananya Indonesia

Assalumualaikum wr.wb Hello...sobat emak Sudaah weekend lagi nih...waktunya berkumpul & menghabiskan waktu bersama keluarga tercintah ya. Tapi sekarang emak lagi OTW ke Kabupaten Jember mau takziah, karena ada salah satu keluarga dari ibu mertua  telah dipanggil Allah SWT(hiks..hiks..jadi sedih). Semoga amal ibadah beliau diterima disisi Allah SWT, diampuni segala dosa serta dilapangkan kuburnya. Aamiin... Oke...emak gak mau berlama-lama larut dalam kesedihan. Berhubung ini lagi OTW ke Jember again, emak jadi teringat kebersamaan bersama keluarga besar ayang beib alias misua alias ayahe nak kanak alias suami (nah lhoo kebanyakan alias, alay hahaha) di Jember waktu hari raya Idul Fitri tahun 2017 kemarin. Oh iya emak kasih inpoh dikit yak, kalau ayang beib itu asli orang Jember & beliau 5 bersaudara cowok semua kalau kata orang sih Pandawa 5 dan ayang beib itulah Arjunanya (cieee...paling kece & jadi idola doonk....). Bukan karena kece dia jadi Arjuna tapi karena anak