Langsung ke konten utama

Kreasi Menu untuk Si Alergi

Anak-anak cenderung enggak doyan protein nabati terutama sayuran, karena sayuran cenderung memiliki rasa yang hambar. Padahal penting sekali memberikan makanan bergizi tinggi untuk menjaga asupan gizi dan nutrisi seimbang demi masa depan si kecil yang lebih baik. Apalagi untuk anak-anak yang mempunyai alergi protein susu sapi seperti Cakra. Mereka wajib untuk konsumsi makanan bergizi tinggi terutama protein nabati.

Supaya anak-anak saya doyan makan sayur, saya sering mengkreasikan menu sayuran.
Nah, untuk menu makan siang Cakra kali ini saya berikan "Gado-gado Jawa Timur".
Ini merupakan menu favorit Cakra. Selain muda dalam pembuatan, gado-gado juga merupakan makanan bergizi tinggi, krn banyak sekali terdapat sayur mayur juga lauk berprotein nabati tinggi. Seperti ada tauge, kol, selada, kentang, tahu, tempe, irisan lontong, dan disiram dengan saus kacang lumer serta kerupuk sebagai pelengkapnya.


GADO-GADO JAWA TIMUR
- Lontong
- Kentang kukus
- selada, potongan timun
- tauge, kol (dikukus sebentar)
- kerupuk
Saus Kacang :
- 500 gr kacang (sangrai/goreng)
- 100 gr kentang kukus
- 250 ml santan
- 2 sdm susu (sy beri SGM Eksplor Soya)
- 4 siung bawang putih (iris-iris & goreng)
- 1 butir cabe merah besar
- garam & gula merah secukupnya

Cara membuat saus kacang :
1. Giling kacang, bawang putih, cabe merah besar & kentang hingga halus
2. Masukkan santan dan susu, rebus hingga matang, tambahkan sedikit garam dan gula merah.

Cara penyajian :
1. Susun bahan sayur, lauk dan lontong di atas piring.
2. Siram atasnya dengan saus kacang lumer
3. Taburkan kerupuk di atasnya.
Gado-gado jawa timur siap disantap dech.

Untuk melengkapi nutrisinya saya juga berikan "Smoothi melon"
Berikut saya tuliskan resep & cara membuatnya ya bunda:


SMOOTHI MELON
- 250 gr melon segar
- 2 sdm susu SGM Eksplor Soya
- 2 sdt madu (optional)

Cara membuat :
- Blender melon, susu (saya menggunakan SGM Eksplor Soya), dan madu jadi satu, tambahkan sedikit air es

Gimana bunda, mudah bukan cara membuatnya?!

Selamat mencoba, dan terus sajikan menu makanan bergizi untuk keluarga tercinta ya, Bun !

#MombassadorSGMEksplor
#SGMEksplor
#SGMEksplorSoya
#GenerasiMaju

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Serunya Dunia Kuter

Assalumualaikum wr.wb Hello...sobat emak. Pernah dengar istilah "kuter" gak?? Mungkin sebagian orang atau bahkan kebanyakan orang kurang faham apa itu "kuter". Sama halnya dengan emak yang baru mengenal istilah kuter setelah iseng-iseng ikut lomba foto balita pada Oktober 2016 di salah satu produk susu lewat FB dan ternyata menang. Emak mendapatkan hadiah pulsa serta smartphone, alhamdulillah lumayan kaaannn hadiahnya dan smartphonenya sampai sekarang masih dipake sama uti buat vi-call sama cucu2nya, sangat bermanfaat kaan hadiahnya, sombong dikit boleh dooong...hehehehe.... :p The first congrats :) Berawal dari situlah emak jadi sering nge add sobat-sobat dumay yang sering menang, kepooo pengen tahu gimana caranya mereka bisa menang dan lomba apa saja yang sudah mereka ikuti hahaha...bener-bener kemal ya emak " kepo maksimal" hahaha :D. Dari status-status mereka di FB serta komentar-komentar mereka sering menyebut kata "Kuter", apa sih

This is My Mini Zoo

Assalumualaikum wr.wb Hallo...hallo...sobat emak, jumpa lagi yach kita. Emak mau tanya nih, siapa sobat emak yang suka & sudah pernah pergi ke kebun binatang? Emak yakin hampir semua sobat emak pasti sudah pernah berkunjung ke kebun binatang bersama keluarga. Ya...anak-anak suka sekali yang namanya binatang, tapi tidak jarang juga banyak yang takut pada binatang. Padahal kalo kita kenalkan sedari kecil kepada anak-anak bisa memupuk rasa kasih sayang terhadap sesama makhluk ciptaan Allah. Seperti halnya Aclet putri kecilku yang masih berumur 4 tahun. Awalnya dia takut terhadap semua binatang dikarena dia pernah ditotol sama ayam jago yang kami punya di rumah. Butuh perjuangan dan kesabaran untuk mengembalikan keberanian Aclet terhadap binatang. Pelan-pelan emak kenalkan dia pada burung perkutut yang kami punya, emak suruh Aclet memegangnya & mengusapnya dengan halus, sembari emak jelaskan kalau hewan diperlakukan dengan baik dia juga akan berbuat baik kepada kita. Alhamdulil

Mini Jepangnya The Onsen Hot Spring Resort Kota Batu

Apa yang terbayang ketika kita mendengar kata Jepang? Pasti kita akan terbayang dengan keindahan alamnya, keunikan budaya & kulinernya, kedisiplinan penduduknya, kecanggihan teknologinya, animenya, shinkansennya dan masih banyak lagi. Tapi ada yang menarik bagi saya ketika ada seorang teman yang berkunjung ke negara Jepang dan dia menceritakan tentang pengalamannya berendam air panas ala Jepang Onsen . Dimana saat berendam itu dikelilingi dengan background alam yang indah & diselingi dengan backsound alam yang khas dengan suara burung serta gemericik air. Menjadikan tubuh serta pikiran yang penat semakin rilex. Onsen adalah istilah bahasa Jepang yang artinya sumber air panas yang keluar dari perut bumi. Bagi orang Jepang mandi onsen sudah menjadi budaya sejak abad ke 7, karena kandungan mineral dari sumber airnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan diantaranya menurunkan tekanan darah, diabetes, merawat kulit, menghilangkan pegal, menyembuhkan luka dan lain sebagainya.