Langsung ke konten utama

Cara Membuat Hand Sanitizer Mudah dan Murah dengan #4 Formula


Assalamualaikum.
Hai...sobat, siapapun yang telah mengunjungi blog aku semoga semuanya sehat walafiat ditengah pendemik Covid19 saat ini, ya. Dijauhkan dari segala marabahaya dan penyakit. Aamiin...

Awal tahun 2020 seluruh dunia dihebohkan dengan penyebaran virus yang amat kecil, masih saudara dengan virus influenza tapi sifatnya lebih ganas daripada saudaranya influenza. Dapat menyebabkan kematian. Dia bernama Corona.

Hampir seluruh negara di dunia ini telah dikunjungi oleh si Corona tersebut dan sudah membuat jutaan manusia meninggal dunia. Tak terkecuali negara kita tercinta ini, juga mendapat kunjungan dari si Corona atau sekarang lebih dikenal dengan Covid19.

Cara menangkal agar si Covid19 tak menyerang kita adalah dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, makan makanan bergizi, olahraga, memakai masker dan memakai hand sanitizer saat berada di luar rumah.

Nah, semenjak Si Covi19 masuk ke negara kita tercinta Indonesia. Banyak orang berbondong-bondong membeli masker dan juga hand sanitizer. Ini mengakibatkan hand santizer menjadi langka dan kalaupun ada harganya mahal bingiiittss...duit aku tak cukup hhftt 😩
Selain itu kebijakan pemerintah menghimbau agar kita semua untuk stay at home. Belajar dan bekerja #DiRumahSaja, membuat kita tak bisa bebas jalan-jalan ke luar rumah.

Eits...bukan berarti stay at home ga bisa ngelakuin atau berbuat hal yang positif lhooo.
Karena Hand Sanitizer lagi langka serta harganya mahal kita bisa kok membuat hand sanitizer sendiri di rumah dengan bahan yang mudah didapat dan pastinya murah juga doong...:).
Ini nanti aku akan bagi tips membuat hand sanitizer dengan 4 formula. Apa saja itu ???
Chek it out !!

Cara pembuatan HAND SANITIZER
FORMULA #1
Bahan :
1. 30 ml Dettol cair ( antiseptik)
2. 70 ml Alkohol 70% ( antiseptik)
3. Aloe vera gel/ gel lidah buaya secukupnya

CARA PEMBUATAN :
1. Masukkan 30 ml dettol cair ke dalam wadah.
2. Masukkan 70 ml Alkohol ke dalam wadah berisi larutan dettol.
3. Tambahkan aloe vera gel secukupnya. Fungsi aloe vera gel utk melembabkan, krn sifat alkohol mengeringkan kulit dan bisa iristasi,..semakin banyak aloe vera gel semakin bagus tp tekstur hand sanitizernya akan semakin kental. Tdk bisa ditaruh botol model spray.
4. Campur dan aduk semua bahan sampai rata homogen. Warna agak sedikit keruh ya sobat, dan baunya khas dettol.
5. Masukkan ke dalam botol.
Hand sanitizer siap digunakan 😊


Formula #2
Bahan :
1. 10 lembar daun sirih 10 lembar
2. 500 ml air
3. 70 ml Alkohol 70%
4. Aloe vera gel ( pelembab)

CARA PEMBUATAN =
1. Rebus daun sirih dengan 500 ml air selama 15 - 30 menit.
2. Ambil 30 ml air rebusan daun sirih, masukkan ke dalam wadah
3.  Masukkn 70 ml Alkohol ke dalama wadah berisi air rebusan daun sirih diatas.
4. Tambahkan aloe vera gel secukupnya,  Fungsi aloe vera gel utk melembabkan, krn sifat alkohol mengeringkan kulit dan bisa iristasi,..semakin banyak aloe vera gel semakin bagus tapi tekstur hand sanitizernya akan semakin kental. Tidak bisa ditaruh botol model spray.
4. Campur dan aduk semua bahan sampai rata homogen.
5. Masukkan ke dalam botol
Hand Sanitizer siap digunakan 😊


FORMULA #3
Bahan :
1. 50 gram (25-30 lembar) Daun sirih
2. 200 ml air
3. 1 buah jeruk nipis

Cara Pembuatan :
1. Ambil 50 gram (25-30 lembar) daun sirih dari halaman, kemudian cuci bersih, keringkan.

2. Potong kecil-kecil/rajang daun sirih

3. Panaskan air 200 ml

4. Tuangkan air panas ke daun sirih yang sudah dipotong-potong

5. Rendam kemudian steam/kukusdalam panci dengan api kecil selama 30 menit

6. Setelah itu angkat dan dinginkan

7. Peras jeruk nipis di suatu wadah/gelas

8. Setelah dingin masukkan saringan air daun sirih ke dalam wadah berisi air jeruk nipis.

9. Tambahkan air secukupnya, masukkan ke dalam botol.

Handa Sanitizer siap digunakan 😊

Baunya memang akan berbau khas daun sirih. Tapi ini efektif untuk membunuh bakteri, karena kadar daun sirih yang 15 % sama efektifnya dengan etanol dalam mengurangi jumlah bakteri.


FORMULA #4
Bahan :
- 100 ml (1 botol) alkohol 70%
- 10 ml (2 sendok teh) baby oil

Cara pembuatan :
1.  Campurkan 100 ml alkohol 70% dan 10 ml baby oil ke dalam mangkuk bersih dan steril

2. Aduk dengan sendok hingga campuran merata

3. Masukkan campuran tersebut ke dalam botol spray plastik (bersih dan steril) dengan corong, setelah itu beri label “Hand Sanitizer”
Taraaa...Hand Sanitizer siap digunakan 😊

Namun sebagai catatan, untuk menjaga campuran tersebut tetap higienis, jangan pernah menyentuh bahan campuran tadi dengan tangan sampai siap digunakan, ya.

Gimana sobat?? Gampang dan murah banget kan cara pembuatan HAND SANITIZER sendiri di rumah.
Sobat bisa pilih salah satu dari ke #4 formula di atas yang menurut sobat paling gampang di dapat bahannya disekitar sobat dan paling mudah pembuatannya.

Oke, selamat mencoba !
Semoga bermanfaat ya sobat 😉

Bersama kita #LawanCovid19
Tetap berkarya saat #DiRumahSaja
Salam dari D'Narashangsa 😘

Komentar

Postingan populer dari blog ini

This is My Mini Zoo

Assalumualaikum wr.wb Hallo...hallo...sobat emak, jumpa lagi yach kita. Emak mau tanya nih, siapa sobat emak yang suka & sudah pernah pergi ke kebun binatang? Emak yakin hampir semua sobat emak pasti sudah pernah berkunjung ke kebun binatang bersama keluarga. Ya...anak-anak suka sekali yang namanya binatang, tapi tidak jarang juga banyak yang takut pada binatang. Padahal kalo kita kenalkan sedari kecil kepada anak-anak bisa memupuk rasa kasih sayang terhadap sesama makhluk ciptaan Allah. Seperti halnya Aclet putri kecilku yang masih berumur 4 tahun. Awalnya dia takut terhadap semua binatang dikarena dia pernah ditotol sama ayam jago yang kami punya di rumah. Butuh perjuangan dan kesabaran untuk mengembalikan keberanian Aclet terhadap binatang. Pelan-pelan emak kenalkan dia pada burung perkutut yang kami punya, emak suruh Aclet memegangnya & mengusapnya dengan halus, sembari emak jelaskan kalau hewan diperlakukan dengan baik dia juga akan berbuat baik kepada kita. Alhamdulil

Serunya Dunia Kuter

Assalumualaikum wr.wb Hello...sobat emak. Pernah dengar istilah "kuter" gak?? Mungkin sebagian orang atau bahkan kebanyakan orang kurang faham apa itu "kuter". Sama halnya dengan emak yang baru mengenal istilah kuter setelah iseng-iseng ikut lomba foto balita pada Oktober 2016 di salah satu produk susu lewat FB dan ternyata menang. Emak mendapatkan hadiah pulsa serta smartphone, alhamdulillah lumayan kaaannn hadiahnya dan smartphonenya sampai sekarang masih dipake sama uti buat vi-call sama cucu2nya, sangat bermanfaat kaan hadiahnya, sombong dikit boleh dooong...hehehehe.... :p The first congrats :) Berawal dari situlah emak jadi sering nge add sobat-sobat dumay yang sering menang, kepooo pengen tahu gimana caranya mereka bisa menang dan lomba apa saja yang sudah mereka ikuti hahaha...bener-bener kemal ya emak " kepo maksimal" hahaha :D. Dari status-status mereka di FB serta komentar-komentar mereka sering menyebut kata "Kuter", apa sih

Padang Savananya Indonesia

Assalumualaikum wr.wb Hello...sobat emak Sudaah weekend lagi nih...waktunya berkumpul & menghabiskan waktu bersama keluarga tercintah ya. Tapi sekarang emak lagi OTW ke Kabupaten Jember mau takziah, karena ada salah satu keluarga dari ibu mertua  telah dipanggil Allah SWT(hiks..hiks..jadi sedih). Semoga amal ibadah beliau diterima disisi Allah SWT, diampuni segala dosa serta dilapangkan kuburnya. Aamiin... Oke...emak gak mau berlama-lama larut dalam kesedihan. Berhubung ini lagi OTW ke Jember again, emak jadi teringat kebersamaan bersama keluarga besar ayang beib alias misua alias ayahe nak kanak alias suami (nah lhoo kebanyakan alias, alay hahaha) di Jember waktu hari raya Idul Fitri tahun 2017 kemarin. Oh iya emak kasih inpoh dikit yak, kalau ayang beib itu asli orang Jember & beliau 5 bersaudara cowok semua kalau kata orang sih Pandawa 5 dan ayang beib itulah Arjunanya (cieee...paling kece & jadi idola doonk....). Bukan karena kece dia jadi Arjuna tapi karena anak